Dinasti Mamluk dipimpin oleh Izzudin Aybek sebagai sultan pertama
selama 7 tahun kemudian digantikan oleh anaknya Ali yang kala itu masih muda.
Namun, ia hanya memerintah selama 2 tahun saat tahun 1259 M beliau mengundurkan
diri dan digantikan wakilnya yaitu Al Malik Al Muzhafar Quthuz(Saifudin Quthuz)[1].
Di awal tahun 1260 M Dinasti Mamluk harus menghadapi invasi dan agresi serangan
bangsa Mongol yang sudah berhasil merebut dan menduduki banyak wilayah di Asia
Tengah serta sekitarnya, termasuk Baghdad dan negeri-negeri muslim lainnya.
Akibatnya banyak sekali ilmuan-ilmuan dan ulama-ulama dari Irak yang
menyelamatkan diri menuju Mesir. Di Mesir inilah mereka berhasil diselamatkan
oleh Dinasti Mamluk. Dengan sultannya yang berkuasa kala itu yaitu Saifudin
Quthuz
Qutuz mengambil tiga langkah awal sebelum melancarkan peperangan ke
atas Mongol. Ketiga-tiga langkah ini dilihat amat berkesan dan menjadi sumber
kekuatan kepada Tentara Islam pada ketika itu.
1.
Langkah
pertama yang diambil oleh Qutuz adalah mengembalikan kestabilan keadaan
internal Mesir karena keadaan poitik kala itu belum stabil sejak transisi
Dinasti Ayubiah ke Mamluk Beliau memanggil golongan istana, pembesar-pembesar,
menteri-menteri, ulama-ulama, dan golongan berpengaruh di dalam masyarakat.
Beliau berkata kepada mereka: “Apa yang aku inginkan dari jabatan ini hanyalah
agar kita bersatu untuk melawan Mongol. Urusan itu tidak mampu diselesaikan
tanpa Raja. Apabila kita berhasil keluar dari masalah ini dan mengalahkan
Mongol, urusan ini terletak di tangan kamu semua. Pilihlah siapa saja yang kamu
kehendaki untuk menjadi pemerintah.” Ucapan Qutuz tersebut telah meredakan
ketamakan sebagian dari pembesar yang berniat untuk merampas tahta Mesir dari
tanganya.
2.
Langkah
kedua yang telah dilakukan oleh Qutuz adalah memberikan pengampunan kepada
semua pendukung Mamluk Bahriah. Perselisihan yang terjadi sebelum ini berpuncak
dari pembunuhan Sultan Izzuddin Aibak ingin segera dihentikan oleh Qutuz, demi
menghentikan permusuhan sesama Mamluk. Pengampunan itu telah berhasil membujuk
mereka yang telah keluar meninggalkan Mesir untuk kembali ke Mesir. Rombongan
pendukung Mamluk Bahriah(termasuk Baybars) kembali berduyun ke Mesir dari bumi
Syam, Karak (di Jordan sekarang) dan bumi kerajaan Turki Saljuk. Dengan itu
Mesir berhasil mendapatkan kembali kekuatan tentaranya. Terutama ketika Damsyik dan Halab ditawan oleh Mongol
dan selepas Raja Nasir al-Ayubi lari menyelamatkan diri ke Gazza. Tentara Syam
telah bergerak menuju ke Mesir dan bergabung dengan Tentara Mamluk. Kesatuan
ini menambahkan lagi kekuatan Mesir dan memberikannya satu semangat yang cukup
kuat untuk berhadapan dengan Mongol.
3.
Langkah
ketiga yaitu memulihkan keadaan ekonomi Mamluk. Beliau memulainya dengan
bermusyawarah dengan para pejabat istana. Akhirnya dengan meminta fatwa kepada
Syekh Al Izz bin Abdissalam maka direncanakan pengambilan harta dari rakyat
dengan syarat para pejabat atau jajaran sultan juga harus ditarik hartanya
lebih dulu demi mendanai pasukan melawan Mongol. Keputusan tersebut disambut
dengan baik oleh rakyat jelata mereka berduyun memberikan sumbangan mereka
untuk memenuhi tuntutan biaya perang
Ketiga-tiga langkah ini telah memberikan Mesir satu kekuatan baru
pada awal tahun 658 H. Di sini tampaklah kepada kita kecekatan dan kesungguhan
Qutuz. Ketiga-tiga langkah awal yang mungkin memerlukan masa yang panjang untuk
dicapai, telah berhasil diselesaikan oleh Qutuz dalam masa tidak sampai tiga
bulan saja dari masa beliau menaiki tahta Mesir. Setelah itu barulah Pasukan
Mamluk berhadapan dengan Mongol dalam pertempuran sengit di ‘Ain Jalut pada
tanggal 13 September 1260 M (25 Ramadhan 658 H). Tentara Mamluk di bawah
komando sang sultan Saifuddin Qutuz dan Ruknuddin Baybars sebagai panglima sementara
Mongol dipimpin Kitbuqa. Dalam pertempuran ini pasukan Mamluk berhasil
memecundangi dan menghancurkan Mongol.
A.
Peperangan ‘Ain Jalut
Sebuah
peperangan harus memperhatikan kekuatan militer yang dimiliki serta kekuatan
lawan.[2] Sejarawan Rashid al-Din mengatakan bahwa orang Mongol dijebak oleh
orang Mamluk di dekat Ain Jalut(Megido). Qutuz menyembunyikan sebagian besar
pasukan berkudanya di bukit-bukit sekeliling dataran itu dan memerintahkan
sebuah pasukan kecil yang dipimpin Baybars maju untuk memancing serangan
Mongol.
Kitbugha yang menyangka bahwa pasukan Baybars yang kecil itu adalah
keseluruhan tentera Islam telah mengarahkan keseluruhan tenteranya untuk masuk
ke medan pertempuran. Mereka menyerbu masuk dengan jerit pekik yang kuat.
Baybars dan tenteranya berdiri tenang di tempat masing-masing menantikan
kemaraan tentera Mongol yang berjumlah berkali ganda dari bilangan pasukan
mereka. Apabila tentera Mongol sudah hampir kepada mereka, Baybars memberikan
isyarat kepada tenteranya untuk merempuh ke depan. Pedang bertemu pedang,
gendang dipalu bertambah kuat berselang seli memberikan arahan dengan takbir
dari petani-petani yang berada di atas bukit. Darah mula mengalir. Satu demi
satu nyawa melayang (Marzumah, 2014:65). Walau pun begitu, Baybars dengan
bilangan tentera yang sedikit mampu bertahan sehingga ke saat itu. Ketakutan
mula meresap masuk ke dalam diri tentera Mongol. Belum pernah mereka menghadapi
kekuatan sedemikian.
Pemilihan Qutuz sememangnya tepat. Panglima-panglima perang yang
dipilih untuk bertembung di peringkat awal dengan Mongol dan menghabiskan
tenaga Mongol adalah panglima perang Mamluk terbaik.[3]
Mereka adalah panglima yang terlibat sekali di dalam mengukir kemenangan di
dalam peperangan Mansurah menentang tentera Salib pimpinan Louis IX. Mereka
memiliki kemahiran perang yang tinggi. Qutuz dan tentera baki masih menanti di
sebalik tempat persembunyian mereka menyaksikan peperangan tersebut dan
menunggu waktu sesuai untuk masuk ke serangan kedua.
Serangan Kedua: Mengepung Tentera Mongol Masanya sudah tiba untuk
Qutuz memberikan arahan baru. Arahan seterusnya adalah agar Baybars dan
tenteranya bermundur secara seimbang dan berpura-pura lemah. Taktik ini
digunakan untuk menarik tentera Mongol yang sudah keletihan masuk ke
tengahtengah medan peperangan dan mengepung mereka di situ. Sebagaimana yang
kita ketahui medan Ayn Jalut berbukit di seluruh kawasannya kecuali di bahagian
utara. Kepungan itu agak mudah untuk dilakukan jika sekiranya Baybars berjaya
menarik tentera Mongol ke tengah medan.Ia bukanlah taktik yang mudah. Ia
memerlukan satu perkiraan yang tepat. Terlalu cepat akan menyebabkan musuh
menyedari taktik tersebut. Terlalu lambat akan menyebabkan kematian tentera
Islam. Qutuz memberikan arahan kepada pasukan gendang untuk memberikan arahan
baru ini. Baybars memahami rentak gendang tersebut. Tanpa berlengah dia dan
tenteranya mula berundur ke belakang sedkiit demi sedikit dengan penuh
hati-hati. Mereka berpura-pura menzahirkan keletihan dan kelemahan mereka.
Kitbugha tertipu, ia mengarahkan seluruh tenteranya untuk masuk ke
dalam medan perang tanpa menyedari taktik tersebut. Ini adalah satu hal yang
cukup pelik berlaku kepada beliau. Kitbugha adalah panglima perang Mongol yang
mahir menjadi panglima perang sejak zaman Genghis Khan. Ketika peperangan Ayn
Jalut, beliau berusia lebih 60 tahun atau mungkin lebih 70 tahun. Satu usia
yang memberikan pengalaman yang tidak sedikit berkenaan taktik-taktik perang di
zaman itu. Tentera Mongol telah berada dalam kepungan. Pada ketika baki tentera
Islam muncul, Kitbugha menyedari kesilapannya. Di sini tidak ada jalan lain
bagi mereka kecuali terus berperang mati-matian.
Serangan Ketiga: Kekuatan Baagian Kanan Mongol Kitbugha memberikan
arahan agar semua tenteranya berjuang mati-matian. Mereka seolah-olah mengamuk
dan mengasak tentera Islam. Di sini terbukti kebenaran apa yang dikatakan oleh
wakil Sorimuddin Aibak berkenaan kekuatan bahagian kanan tentera Mongol.[4] Bagian
kiri tentera Islam telah diasak dengan dahsyat oleh mereka. Gugur di kalangan
tentera Islam seorang demi seorang sebagai syahid. Qutuz yang melihat dari atas
bukit merasai kesukaran yang dihadapi oleh tenta ra Islam. Langkah yang diambil
oleh beliau amat menakjubkan. Beliau mencampakkan topi besinya lalu melaungkan
‘wa Islaaamah’. Laungan ini diucapkan oleh beliau sambil beliau turun ke medan
perang dengan menunggang kudanya. Langkah ini diambil oleh Qutuz untuk
menaikkan semangat tentera Islam. Tentara Mongol terperanjat dengan kehadiran
Qutuz di tengah-tengah medan perang.
Qutuz memerangi mereka dengan penuh semangat seolah-olah beliau
tidak langsung sayangkan nyawanya. Beberapa libasan pedang dan tombak hampir
menemui beliau. Kudanya berjaya ditikam mati oleh tentera Mongol menyebabkan
beliau terjatuh. Pun begitu beliau meneruskan jihadnya dengan berjalan kaki
sehinggalah beliau berjaya mendapatkan kuda bantuan. Seorang pembesar istana
menjerit dan mencelanya kerana lambat menaiki kuda. Beliau bimbangkan Qutuz
terbunuh lalu dengan itu akan kalahlah tentera Islam. Tetapi Qutuz menjawab:
“Ada pun diriku, sesungguhnya ia sedang menuju surga. Ada pun Islam, ia
mempunyai Tuhan yang tidak akan membiarkannya.” Tentera Islam bertambah
semangat dengan turunnya Qutuz ke medan perang. Kematian Kitbugha yang dibunuh
oleh Jamaludin Aqusy as-Syams. Beliau adalah salah seorang panglima perang
Mamluk. Pernah berada di bawah Raja Nasir al-Ayyubi. Kemudian beliau
meninggalkannya setelah melihat pengkhianatan yang dilakukan oleh Raja Nasir
al-Ayyubi. Beliau merempuh tentera Mongol sehingga berjaya masuk ke
tengah-tengah tentera tersebut. Di situ beliau melihat Kitbugha. Jamaluddin
tidak menunggu lama. Beliau mengumpulkan seluruh tenaganya dan melibas
pedangnya ke arah leher Kitbugha. Kepala Kitbugha berpisah dari badan dan
tercampak ke tengah medan perang di hadapan tentera Mongol. Ketakutan makin
meningkat melihat kematian Kitbugha di hadapan mata mereka .Tentara Mongol mula
melarikan diri melalui bahagian utara Ayn Jalut. Tentera Islam mengejar mereka.
Tentera Mongol berjaya memecahkan kepungan tentera Islam. Mereka melarikan diri
sejauh 20 kilometer dan berhenti di Bisan. Tentara Islam terus mengejar mereka.
Berlaku pertembungan yang lebih sengit. Kali ini tentera Mongol benar-benar
menggila untuk memastikan mereka agar terus hidup. Qutuz berada di
tengah-tengah medan peperangan memberikan semangat kepada tentera Islam. Beliau
melaungkan: “Wa Islamah. Wa Islamah. Wa Islamah. Ya Allah bantulah hambamu,
Qutuz untuk menghancurkan Mongol.
Akhirnya kemenangan berpihak kepada tentera Islam. Mereka berjaya
menamatkan mitos bahwa Mongol tidak akan bisa dikalahkan. Setelah itu medan
peperangan kembali sunyi. Tidak ada lagi bunyi gendang. Tidak ada lagi jeritan
Mongol. Tidak ada lagi takbir para petani. Tidak ada lagi bunyi libasan pedang.
Mayat-mayat tentera Mongol mati bergelimpangan dalam bentuk yang mengerikan.
Qutuz berjalan di tengah medan perang yang sudah sunyi melihat hasil peperangan
selama sehari di bulan Ramadhan.
B.
Pengaruh
Dinasti Mamluk di Mesir
Dinasti
Mamluk atau Mamalik adalah dinasti Islam
yang selamat dari serangan Mongol dan berhasil menyelamatkan peradaban Islam
yang sebelumnya telah hancur di Baghdad. Selain sebagai tempat pelarian para
ilmuan dan ulama Dinasti Mamluk juga meninggalkan banyak peradaban, dari bidang
ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), bangunan-bangunan seperti
masjid, madrasah, kompleks makam, rumah sakit dan perpustakaan.
Berikut
hasil-hasil peradaban yang dibangun oleh Dinasti Mamluk:
1. Ilmuan-ilmuan
Islam di Mesir
a. Ibnu
Taymiyah, dikenal dengan sebutan reformer pemikiran islam bermadzhab Hambali.[5]
b. Jalaludin
as-Suyuthi, karyanya dalam bidang ulumul Qur’an yaitu al-Itqan fi Ulum al-Quran.
c. Ibnu
Hajar al-Asqalani, menulis tentang Ilmu Fiqh dan Hadis.
2. Ilmuan-ilmuan
Semesta
Dinasti
Mamluk didirikan oleh mantan budak akan tetapi sangat peduli terhadap ilmu
pengetahuan dan teknologi sehingga banyak para ilmuan yang berimigrasi dan
berkembang di Mesir. Jatuhnya kota Baghdad sebagai pusat ilmu pengetahuan dan
teknologi dunia, tidak sedikit para ilmuan yang melarikan diri ke Mesir yang
dianggap aman pada waktu itu. Oleh sebab itu Mesir mengalami kemajuan pesat
dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain dalam bidang teknologi,
ilmu-ilmu lain juga berkembang pesat di Mesir seperti:
a. Ilmu
sejarah
Ibnu Khalikan, Ibnu
Tagribirdi, Abu al-Fida, dan Ibnu Khaldun.
b. Ilmu
Astronomi
Nashiruddin al-Thusi, dan
Abu al-Faraz al-Gibni.[6]
c. Ilmu
Matematika
Abu al-Faraj al-‘Ibry[7]
d. Ilmu
Kedokteran
Ibnu Nafis (penemu
susunan dan peredaran darah dalam paru-paru manusia) dengan karyanya Syarh Tasyrih al-Qanun, dan Abdul Mu’min
Dimyati (doktor hewan) dengan karyanya yaitu Fadl al-Khail.
e. Perintis
Psikoterapi
Al Razi yang dikembangkan
oleh al-Juma’i dengan karyanya al-Irsyad
li Masalih al-Anfas wa al-Ajsad.
f.
Ilmu Opthalmologi
Salah al-Din ibn Yusuf[8]
g. Ilmu
Sosiologi dan Filsafat Sejarah
Ibnu Khaldun dengan karyanya “Muqaddimah” sebagai kitab pertama dalam
bidang ini.
3. Ekonomi
Dalam
bidang ekonomi, Dinasti Mamluk membuka hubungan perdagangan dengan negara-negara
mancanegara, bahkan dengan negeri-negeri Kristen Mediterrania meskipun terdapat
kebijaksanaan pemerintah yang anti-Kristen misalnya membuat perjanjian
perdagangan dengan James I.[9] Jatuhnya Baghdad, Kairo
menjadi jalur perdagangan, sebagai contoh adanya kerjasama dengan Charles dari
Anjou, Raja Sisilia. Kairo menghubungkan jalur perdagangan Laut Merah dan Laut
Tengah dengan Eropa.[10] Untuk kelancaran pada
sektor ini pemerintahan Mesir memperbaiki sarana, fasilitas transportasi dan
jaringan komunikasi antar kota, baik laut maupun darat terutama antara Kairo
dan Damaskus. Ketangguhan angkatan laut Mamluk sangat membantu pengembangan
perekonomiannya. Pemerintah Mesir
memberikan kebijakan kepada petani tentang pasar bebas artinya petani diberi
kebebasan untuk memasarkan hasil pertaniannya kepada siapapun.
4. Fisik
Perekonomian
Dinasti Mamluk mengalami kemajuan dibidang arsitektur. Banyak bangunan-bangunan
yang didirikan seperti sekolah dan masjid-masjid yang indah. Pada masa ini
didirikan bangunan-bangunan seperti rumah sakit, museum, perpustakaan, villa,
makam, kunah dan menara masjid.[11] Pada masa Sultan Baybars
meskipun dia banyak disibukan dengan beberapa peperangan khususnya dalam
menghadapi pasukan salib Eropa, dia masih sempat membangun monument penting
berupa masjid.[12]
Kemajuan
dalam bidang perindustrian yang ditandai dengan berdirinya pabrik, seperti
pabrik tenun, barang-barang logam, kaca, kulit, pabrik senjata, dan kapal laut,
serta kerajinan perhiasan emas, seni ukir, dan dekorasi.
5. Seni
Dinasti
Mamluk dikenal sebagai pelindung seni kaligrafi terutama hiasan al-Qur’an.
Kaligrafer yang terkenal pada masa ini adalah Muhammad ibn al-Wahid, pada tahun
703 H/1304 M meninggalkan karyanya berupa salinan al-Qur’an dengan gaya Khat
Tsuluts. Selain Muhammad ibn al-Wahid juga ada beberapa seniman kaligrafi yang
berperan penting dalam dunia seni seperti Muhammad ibn Sulaiman al-Muhsini,
Ahmad ibn Muhammad al-Anshari dan Ibrahim ibn Muhammad al-Khabbaz.[13] Salah satu karya dari Abd
al-Rahman ibn al-Sayigh yang paling besar yaitu salinan al-Qur’an dengan
panjang lebih dari dua meter, ditulis dengan pena bambu dalam waktu dua bulan.
[1]
Faisal Ismail, Sejarah & kebudayaan Islam Periode Klasik(Abad VII-XIII M),
IRCiSoD, Yogyakarta,2017, hlm 370.
[2] Marzumah, Strategi
Dinasti Mamluk dalam Pertempouran Ayn Jalut di Palestina tahun 1260 M,
Skripsi Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014,
hlm. 59
[3]
Ibid hlm 2
[4]
Ibid hlm 2
[5]
Mundzirin Yusuf, Peradaban Dinasti Mamluk
Di Mesir, Thaqofiyyat, vol. 16, 194
[6]
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, hlm.
123.
[7]
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam,
hlm. 127.
[8]
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam,
hlm. 127.
[9]
G.E. Bosworth, Dinasti-Dinasti Islam, hlm.
92.
[10]
Philip K. Hitti, Dunia Arab, Sedjarah
Ringkas, hlm. 245
[11]
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam,
hlm. 128.
[12]
Harun Nasution dkk. (ed), Ensiklopedi
Islam, jilid 2 (I-O), hlm. 569.
[13]
Mundzirin Yusuf, Peradaban Dinasti Mamluk
Di Mesir, Thaqofiyyat, vol. 16, 196
Tidak ada komentar:
Posting Komentar