Rabu, 17 Januari 2018

Peran Dinasti Mamluk dalam penyelamatan peradaban Islam.

Dinasti Mamluk dipimpin oleh Izzudin Aybek sebagai sultan pertama selama 7 tahun kemudian digantikan oleh anaknya Ali yang kala itu masih muda. Namun, ia hanya memerintah selama 2 tahun saat tahun 1259 M beliau mengundurkan diri dan digantikan wakilnya yaitu Al Malik Al Muzhafar Quthuz(Saifudin Quthuz)[1]. Di awal tahun 1260 M Dinasti Mamluk harus menghadapi invasi dan agresi serangan bangsa Mongol yang sudah berhasil merebut dan menduduki banyak wilayah di Asia Tengah serta sekitarnya, termasuk Baghdad dan negeri-negeri muslim lainnya. Akibatnya banyak sekali ilmuan-ilmuan dan ulama-ulama dari Irak yang menyelamatkan diri menuju Mesir. Di Mesir inilah mereka berhasil diselamatkan oleh Dinasti Mamluk. Dengan sultannya yang berkuasa kala itu yaitu Saifudin Quthuz
Qutuz mengambil tiga langkah awal sebelum melancarkan peperangan ke atas Mongol. Ketiga-tiga langkah ini dilihat amat berkesan dan menjadi sumber kekuatan kepada Tentara Islam pada ketika itu.
1.      Langkah pertama yang diambil oleh Qutuz adalah mengembalikan kestabilan keadaan internal Mesir karena keadaan poitik kala itu belum stabil sejak transisi Dinasti Ayubiah ke Mamluk Beliau memanggil golongan istana, pembesar-pembesar, menteri-menteri, ulama-ulama, dan golongan berpengaruh di dalam masyarakat. Beliau berkata kepada mereka: “Apa yang aku inginkan dari jabatan ini hanyalah agar kita bersatu untuk melawan Mongol. Urusan itu tidak mampu diselesaikan tanpa Raja. Apabila kita berhasil keluar dari masalah ini dan mengalahkan Mongol, urusan ini terletak di tangan kamu semua. Pilihlah siapa saja yang kamu kehendaki untuk menjadi pemerintah.” Ucapan Qutuz tersebut telah meredakan ketamakan sebagian dari pembesar yang berniat untuk merampas tahta Mesir dari tanganya.
2.      Langkah kedua yang telah dilakukan oleh Qutuz adalah memberikan pengampunan kepada semua pendukung Mamluk Bahriah. Perselisihan yang terjadi sebelum ini berpuncak dari pembunuhan Sultan Izzuddin Aibak ingin segera dihentikan oleh Qutuz, demi menghentikan permusuhan sesama Mamluk. Pengampunan itu telah berhasil membujuk mereka yang telah keluar meninggalkan Mesir untuk kembali ke Mesir. Rombongan pendukung Mamluk Bahriah(termasuk Baybars) kembali berduyun ke Mesir dari bumi Syam, Karak (di Jordan sekarang) dan bumi kerajaan Turki Saljuk. Dengan itu Mesir berhasil mendapatkan kembali kekuatan tentaranya. Terutama  ketika Damsyik dan Halab ditawan oleh Mongol dan selepas Raja Nasir al-Ayubi lari menyelamatkan diri ke Gazza. Tentara Syam telah bergerak menuju ke Mesir dan bergabung dengan Tentara Mamluk. Kesatuan ini menambahkan lagi kekuatan Mesir dan memberikannya satu semangat yang cukup kuat untuk berhadapan dengan Mongol.
3.      Langkah ketiga yaitu memulihkan keadaan ekonomi Mamluk. Beliau memulainya dengan bermusyawarah dengan para pejabat istana. Akhirnya dengan meminta fatwa kepada Syekh Al Izz bin Abdissalam maka direncanakan pengambilan harta dari rakyat dengan syarat para pejabat atau jajaran sultan juga harus ditarik hartanya lebih dulu demi mendanai pasukan melawan Mongol. Keputusan tersebut disambut dengan baik oleh rakyat jelata mereka berduyun memberikan sumbangan mereka untuk memenuhi tuntutan biaya perang
Ketiga-tiga langkah ini telah memberikan Mesir satu kekuatan baru pada awal tahun 658 H. Di sini tampaklah kepada kita kecekatan dan kesungguhan Qutuz. Ketiga-tiga langkah awal yang mungkin memerlukan masa yang panjang untuk dicapai, telah berhasil diselesaikan oleh Qutuz dalam masa tidak sampai tiga bulan saja dari masa beliau menaiki tahta Mesir. Setelah itu barulah Pasukan Mamluk berhadapan dengan Mongol dalam pertempuran sengit di ‘Ain Jalut pada tanggal 13 September 1260 M (25 Ramadhan 658 H). Tentara Mamluk di bawah komando sang sultan Saifuddin Qutuz dan Ruknuddin Baybars sebagai panglima sementara Mongol dipimpin Kitbuqa. Dalam pertempuran ini pasukan Mamluk berhasil memecundangi dan menghancurkan Mongol.
A.     Peperangan ‘Ain Jalut
Sebuah peperangan harus memperhatikan kekuatan militer yang dimiliki serta kekuatan lawan.[2] Sejarawan Rashid al-Din mengatakan bahwa orang Mongol dijebak oleh orang Mamluk di dekat Ain Jalut(Megido). Qutuz menyembunyikan sebagian besar pasukan berkudanya di bukit-bukit sekeliling dataran itu dan memerintahkan sebuah pasukan kecil yang dipimpin Baybars maju untuk memancing serangan Mongol.
Kitbugha yang menyangka bahwa pasukan Baybars yang kecil itu adalah keseluruhan tentera Islam telah mengarahkan keseluruhan tenteranya untuk masuk ke medan pertempuran. Mereka menyerbu masuk dengan jerit pekik yang kuat. Baybars dan tenteranya berdiri tenang di tempat masing-masing menantikan kemaraan tentera Mongol yang berjumlah berkali ganda dari bilangan pasukan mereka. Apabila tentera Mongol sudah hampir kepada mereka, Baybars memberikan isyarat kepada tenteranya untuk merempuh ke depan. Pedang bertemu pedang, gendang dipalu bertambah kuat berselang seli memberikan arahan dengan takbir dari petani-petani yang berada di atas bukit. Darah mula mengalir. Satu demi satu nyawa melayang (Marzumah, 2014:65). Walau pun begitu, Baybars dengan bilangan tentera yang sedikit mampu bertahan sehingga ke saat itu. Ketakutan mula meresap masuk ke dalam diri tentera Mongol. Belum pernah mereka menghadapi kekuatan sedemikian.
Pemilihan Qutuz sememangnya tepat. Panglima-panglima perang yang dipilih untuk bertembung di peringkat awal dengan Mongol dan menghabiskan tenaga Mongol adalah panglima perang Mamluk terbaik.[3] Mereka adalah panglima yang terlibat sekali di dalam mengukir kemenangan di dalam peperangan Mansurah menentang tentera Salib pimpinan Louis IX. Mereka memiliki kemahiran perang yang tinggi. Qutuz dan tentera baki masih menanti di sebalik tempat persembunyian mereka menyaksikan peperangan tersebut dan menunggu waktu sesuai untuk masuk ke serangan kedua.
Serangan Kedua: Mengepung Tentera Mongol Masanya sudah tiba untuk Qutuz memberikan arahan baru. Arahan seterusnya adalah agar Baybars dan tenteranya bermundur secara seimbang dan berpura-pura lemah. Taktik ini digunakan untuk menarik tentera Mongol yang sudah keletihan masuk ke tengahtengah medan peperangan dan mengepung mereka di situ. Sebagaimana yang kita ketahui medan Ayn Jalut berbukit di seluruh kawasannya kecuali di bahagian utara. Kepungan itu agak mudah untuk dilakukan jika sekiranya Baybars berjaya menarik tentera Mongol ke tengah medan.Ia bukanlah taktik yang mudah. Ia memerlukan satu perkiraan yang tepat. Terlalu cepat akan menyebabkan musuh menyedari taktik tersebut. Terlalu lambat akan menyebabkan kematian tentera Islam. Qutuz memberikan arahan kepada pasukan gendang untuk memberikan arahan baru ini. Baybars memahami rentak gendang tersebut. Tanpa berlengah dia dan tenteranya mula berundur ke belakang sedkiit demi sedikit dengan penuh hati-hati. Mereka berpura-pura menzahirkan keletihan dan kelemahan mereka.
Kitbugha tertipu, ia mengarahkan seluruh tenteranya untuk masuk ke dalam medan perang tanpa menyedari taktik tersebut. Ini adalah satu hal yang cukup pelik berlaku kepada beliau. Kitbugha adalah panglima perang Mongol yang mahir menjadi panglima perang sejak zaman Genghis Khan. Ketika peperangan Ayn Jalut, beliau berusia lebih 60 tahun atau mungkin lebih 70 tahun. Satu usia yang memberikan pengalaman yang tidak sedikit berkenaan taktik-taktik perang di zaman itu. Tentera Mongol telah berada dalam kepungan. Pada ketika baki tentera Islam muncul, Kitbugha menyedari kesilapannya. Di sini tidak ada jalan lain bagi mereka kecuali terus berperang mati-matian.
Serangan Ketiga: Kekuatan Baagian Kanan Mongol Kitbugha memberikan arahan agar semua tenteranya berjuang mati-matian. Mereka seolah-olah mengamuk dan mengasak tentera Islam. Di sini terbukti kebenaran apa yang dikatakan oleh wakil Sorimuddin Aibak berkenaan kekuatan bahagian kanan tentera Mongol.[4] Bagian kiri tentera Islam telah diasak dengan dahsyat oleh mereka. Gugur di kalangan tentera Islam seorang demi seorang sebagai syahid. Qutuz yang melihat dari atas bukit merasai kesukaran yang dihadapi oleh tenta ra Islam. Langkah yang diambil oleh beliau amat menakjubkan. Beliau mencampakkan topi besinya lalu melaungkan ‘wa Islaaamah’. Laungan ini diucapkan oleh beliau sambil beliau turun ke medan perang dengan menunggang kudanya. Langkah ini diambil oleh Qutuz untuk menaikkan semangat tentera Islam. Tentara Mongol terperanjat dengan kehadiran Qutuz di tengah-tengah medan perang.
Qutuz memerangi mereka dengan penuh semangat seolah-olah beliau tidak langsung sayangkan nyawanya. Beberapa libasan pedang dan tombak hampir menemui beliau. Kudanya berjaya ditikam mati oleh tentera Mongol menyebabkan beliau terjatuh. Pun begitu beliau meneruskan jihadnya dengan berjalan kaki sehinggalah beliau berjaya mendapatkan kuda bantuan. Seorang pembesar istana menjerit dan mencelanya kerana lambat menaiki kuda. Beliau bimbangkan Qutuz terbunuh lalu dengan itu akan kalahlah tentera Islam. Tetapi Qutuz menjawab: “Ada pun diriku, sesungguhnya ia sedang menuju surga. Ada pun Islam, ia mempunyai Tuhan yang tidak akan membiarkannya.” Tentera Islam bertambah semangat dengan turunnya Qutuz ke medan perang. Kematian Kitbugha yang dibunuh oleh Jamaludin Aqusy as-Syams. Beliau adalah salah seorang panglima perang Mamluk. Pernah berada di bawah Raja Nasir al-Ayyubi. Kemudian beliau meninggalkannya setelah melihat pengkhianatan yang dilakukan oleh Raja Nasir al-Ayyubi. Beliau merempuh tentera Mongol sehingga berjaya masuk ke tengah-tengah tentera tersebut. Di situ beliau melihat Kitbugha. Jamaluddin tidak menunggu lama. Beliau mengumpulkan seluruh tenaganya dan melibas pedangnya ke arah leher Kitbugha. Kepala Kitbugha berpisah dari badan dan tercampak ke tengah medan perang di hadapan tentera Mongol. Ketakutan makin meningkat melihat kematian Kitbugha di hadapan mata mereka .Tentara Mongol mula melarikan diri melalui bahagian utara Ayn Jalut. Tentera Islam mengejar mereka. Tentera Mongol berjaya memecahkan kepungan tentera Islam. Mereka melarikan diri sejauh 20 kilometer dan berhenti di Bisan. Tentara Islam terus mengejar mereka. Berlaku pertembungan yang lebih sengit. Kali ini tentera Mongol benar-benar menggila untuk memastikan mereka agar terus hidup. Qutuz berada di tengah-tengah medan peperangan memberikan semangat kepada tentera Islam. Beliau melaungkan: “Wa Islamah. Wa Islamah. Wa Islamah. Ya Allah bantulah hambamu, Qutuz untuk menghancurkan Mongol.
Akhirnya kemenangan berpihak kepada tentera Islam. Mereka berjaya menamatkan mitos bahwa Mongol tidak akan bisa dikalahkan. Setelah itu medan peperangan kembali sunyi. Tidak ada lagi bunyi gendang. Tidak ada lagi jeritan Mongol. Tidak ada lagi takbir para petani. Tidak ada lagi bunyi libasan pedang. Mayat-mayat tentera Mongol mati bergelimpangan dalam bentuk yang mengerikan. Qutuz berjalan di tengah medan perang yang sudah sunyi melihat hasil peperangan selama sehari di bulan Ramadhan.
B.     Pengaruh Dinasti Mamluk di Mesir
Dinasti Mamluk  atau Mamalik adalah dinasti Islam yang selamat dari serangan Mongol dan berhasil menyelamatkan peradaban Islam yang sebelumnya telah hancur di Baghdad. Selain sebagai tempat pelarian para ilmuan dan ulama Dinasti Mamluk juga meninggalkan banyak peradaban, dari bidang ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), bangunan-bangunan seperti masjid, madrasah, kompleks makam, rumah sakit dan perpustakaan.
Berikut hasil-hasil peradaban yang dibangun oleh Dinasti Mamluk:
1.      Ilmuan-ilmuan Islam di Mesir
a.       Ibnu Taymiyah, dikenal dengan sebutan reformer pemikiran islam bermadzhab Hambali.[5]
b.      Jalaludin as-Suyuthi, karyanya dalam bidang ulumul Qur’an yaitu al-Itqan fi Ulum al-Quran.
c.       Ibnu Hajar al-Asqalani, menulis tentang Ilmu Fiqh dan Hadis.

2.      Ilmuan-ilmuan Semesta
Dinasti Mamluk didirikan oleh mantan budak akan tetapi sangat peduli terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga banyak para ilmuan yang berimigrasi dan berkembang di Mesir. Jatuhnya kota Baghdad sebagai pusat ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, tidak sedikit para ilmuan yang melarikan diri ke Mesir yang dianggap aman pada waktu itu. Oleh sebab itu Mesir mengalami kemajuan pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain dalam bidang teknologi, ilmu-ilmu lain juga berkembang pesat di Mesir seperti:
a.       Ilmu sejarah
Ibnu Khalikan, Ibnu Tagribirdi, Abu al-Fida, dan Ibnu Khaldun.
b.      Ilmu Astronomi
Nashiruddin al-Thusi, dan Abu al-Faraz al-Gibni.[6]
c.       Ilmu Matematika
Abu al-Faraj al-‘Ibry[7]
d.      Ilmu Kedokteran
Ibnu Nafis (penemu susunan dan peredaran darah dalam paru-paru manusia) dengan karyanya Syarh Tasyrih al-Qanun, dan Abdul Mu’min Dimyati (doktor hewan) dengan karyanya yaitu Fadl al-Khail.
e.       Perintis Psikoterapi
Al Razi yang dikembangkan oleh al-Juma’i dengan karyanya al-Irsyad li Masalih al-Anfas wa al-Ajsad.
f.        Ilmu Opthalmologi
Salah al-Din ibn Yusuf[8]
g.       Ilmu Sosiologi dan Filsafat Sejarah
Ibnu Khaldun dengan karyanya “Muqaddimah” sebagai kitab pertama dalam bidang ini.

3.      Ekonomi
Dalam bidang ekonomi, Dinasti Mamluk membuka hubungan perdagangan dengan negara-negara mancanegara, bahkan dengan negeri-negeri Kristen Mediterrania meskipun terdapat kebijaksanaan pemerintah yang anti-Kristen misalnya membuat perjanjian perdagangan dengan James I.[9] Jatuhnya Baghdad, Kairo menjadi jalur perdagangan, sebagai contoh adanya kerjasama dengan Charles dari Anjou, Raja Sisilia. Kairo menghubungkan jalur perdagangan Laut Merah dan Laut Tengah dengan Eropa.[10] Untuk kelancaran pada sektor ini pemerintahan Mesir memperbaiki sarana, fasilitas transportasi dan jaringan komunikasi antar kota, baik laut maupun darat terutama antara Kairo dan Damaskus. Ketangguhan angkatan laut Mamluk sangat membantu pengembangan perekonomiannya.  Pemerintah Mesir memberikan kebijakan kepada petani tentang pasar bebas artinya petani diberi kebebasan untuk memasarkan hasil pertaniannya kepada siapapun.

4.      Fisik
Perekonomian Dinasti Mamluk mengalami kemajuan dibidang arsitektur. Banyak bangunan-bangunan yang didirikan seperti sekolah dan masjid-masjid yang indah. Pada masa ini didirikan bangunan-bangunan seperti rumah sakit, museum, perpustakaan, villa, makam, kunah dan menara masjid.[11] Pada masa Sultan Baybars meskipun dia banyak disibukan dengan beberapa peperangan khususnya dalam menghadapi pasukan salib Eropa, dia masih sempat membangun monument penting berupa masjid.[12]
Kemajuan dalam bidang perindustrian yang ditandai dengan berdirinya pabrik, seperti pabrik tenun, barang-barang logam, kaca, kulit, pabrik senjata, dan kapal laut, serta kerajinan perhiasan emas, seni ukir, dan dekorasi.

5.      Seni
Dinasti Mamluk dikenal sebagai pelindung seni kaligrafi terutama hiasan al-Qur’an. Kaligrafer yang terkenal pada masa ini adalah Muhammad ibn al-Wahid, pada tahun 703 H/1304 M meninggalkan karyanya berupa salinan al-Qur’an dengan gaya Khat Tsuluts. Selain Muhammad ibn al-Wahid juga ada beberapa seniman kaligrafi yang berperan penting dalam dunia seni seperti Muhammad ibn Sulaiman al-Muhsini, Ahmad ibn Muhammad al-Anshari dan Ibrahim ibn Muhammad al-Khabbaz.[13] Salah satu karya dari Abd al-Rahman ibn al-Sayigh yang paling besar yaitu salinan al-Qur’an dengan panjang lebih dari dua meter, ditulis dengan pena bambu dalam waktu dua bulan.







[1] Faisal Ismail, Sejarah & kebudayaan Islam Periode Klasik(Abad VII-XIII M), IRCiSoD, Yogyakarta,2017, hlm 370.
[2]  Marzumah, Strategi Dinasti Mamluk dalam Pertempouran Ayn Jalut di Palestina tahun 1260 M, Skripsi Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014, hlm. 59
[3] Ibid hlm 2
[4] Ibid hlm 2
[5] Mundzirin Yusuf, Peradaban Dinasti Mamluk Di Mesir, Thaqofiyyat, vol. 16, 194
[6] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, hlm. 123.
[7] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, hlm. 127.
[8] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, hlm. 127.
[9] G.E. Bosworth, Dinasti-Dinasti Islam, hlm. 92.
[10] Philip K. Hitti, Dunia Arab, Sedjarah Ringkas, hlm. 245
[11] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, hlm. 128.
[12] Harun Nasution dkk. (ed), Ensiklopedi Islam, jilid 2 (I-O), hlm. 569.
[13] Mundzirin Yusuf, Peradaban Dinasti Mamluk Di Mesir, Thaqofiyyat, vol. 16, 196

Tidak ada komentar:

Posting Komentar